PROFIL / VISI DAN MISI

Visi

Terwujudnya Masyarakat yang Aman, Berbudaya dan Religius Menuju Buton Utara Yang Maju dan Sejahtera

Misi

(1) Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermoral yang ditopang oleh 4 pilar utama yaitu pendidikan, kesehatan, budaya dan keagamaan. Misi ini mencakup upaya-upaya umum dalam pembangunan dan pelayanan pendidikan, pembangunan dan pelayanan kesehatan, pengelolaan kebudayaan dan pemeliharaan situasi kondusif bagi kehidupan keagamaan.

 

(2) Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur (terutama infrastruktur dasar) secara berkelanjutan. Misi ini mencakup upaya umum untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dalam pemenuhan infrastruktur wilayah.

 

(3) Meningkatkan kualitas tata pemerintahan yang baik (good goverment) dan pemerintahan yang bersih (good governance). Misi ini mencakup upaya umum dalam mendorong agenda reformasi birokrasi guna mewujudkan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik (good goverment) dan pemerintahan yang bersih (good governance).

 

(4) Meningkatkan dan mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan yang kreatif dan produktif berbasis sumber daya lokal secara berkelanjutan. Misi ini mencakup upaya umum dalam pembangunan pertanian secara umum serta pengembangan usaha kecil dan menengah guna mewujudkan peningkatan ekonomi kerakyatan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk mewujudkan Buton Utara yang maju dan sejahtera.

 

(5) Mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang berpihak pada kepentingan masyarakat dan ramah lingkungan secara berkelanjutan. Misi ini mencakup upaya umum dalam memelihara keanekaragaman sumberdaya alam, pengendalian kerusakan lingkungan serta penataan keindahan dan kebersihan lingkungan agar pengelolaan sumber daya alam (SDA) dapat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat namun tetap menjaga keberlanjutan sumber dara alam tersebut.

 

(6) Membangun kerjasama dalam negeri dan luar negeri yang saling menguntungkan untuk membuka lapangan kerja masyarakat. Misi ini mencakup upaya umum dalam mengembangkan kerjasama antar daerah serta mewujudkan hubungan kerjasama dengan berbagai lembaga internasional guna membuka peluang pengembangan daerah yang lebih baik.

 

(7) Menerapkan sistem keamanan, ketertiban dan kenyamanan kehidupan bermasyarakat secara persuasif, humanis dan egaliter. Misi ini mencakup upaya umum dalam meningkatkan dan memelihara kondisi aman, tertib, tenteram dan nyaman dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

 

(8) Membangun dan meningkatkan penggunaan sistem informasi daerah berbasis data secara online. Misi ini mencakup upaya umum dalam mewujudkan adanya sistem informasi daerah berbasis elektronik sehingga sistem e- government dapat berjalan dan mendukung tata kelola pemerintahan yang baik.