Sejarah Buton Utara


Kabupaten Buton Utara yang terletak di Jazirah Pulau Buton pada masa sebelum kemerdekaan  merupakan bagian dari Kesultanan Buton yang merupakan salah satu Barata sekitar tahun 1580 yang disebut Barata Kulisusu pada masa Sultan Buton Ke IV (Sultan Dayanu Ikhsanuddin).

 

Setelah Indonesia merdeka, Barata Kulisusu yang kini disebut Buton Utara masuk dalam wilayah Kabupaten Dati II Sulawesi Tenggara dengan Ibukota Bau-Bau dan disebut Distrik Kulisusu dengan Ibukota Ereke yang ketika itu Kabupaten Sulawesi Tenggara adalah bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan. Pada tahun 1964 Kab. Dati II Sulawesi Tenggara memisahkan diri dari Provinsi Dati I Sulawesi selatan membentuk sebuah Daerah Otonom yaitu provinsi Dati I Sulawesi Tenggara dengan lahirnya UU Nomor 13 Tahun 1964 dengan Ibukota Kendari terbagi menjadi 4 (empat) Kabupaten yaitu Kabupaten Kendari, Kabupaten Buton, Kabupaten Muna dan Kabupaten  Kolaka dan  Distrik Kulisusu masuk dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Muna. Pada tahun 1996 Kecamatan Kulisusu terbagi menjadi 2 (dua) Kecamatan yaitu Kecamatan Kulisusu dan Kecamatan Bonegunu.

 

Tahun 2007 Buton Utara berpisah dari Kabupaten Muna membentuk sebuah Daerah otonom dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2007 tanggal 2 Januari 2007 ( Lembaran Negara RI tahun 2007 Nomor 16 ) tentang pemekaran Kabupaten Buton Utara dengan Ibukota Buranga yang terdiri dari 6 (enam) Kecamatan yaitu Kecamatan Kulisusu, Kecamatan Kulisusu Utara, Kecamatan Kulisusu Barat, Kecamatan Bonegunu, Kecamatan Kambowa dan Kecamatan Wakorumba Utara.

 





Harga Websitenya Selangit   |   La Mbeto

Wah bnyk bgt untungnya ne...webnya dibikin dalam hitungan jam pake CMS Lokomedia.

Pembangunan Butur   |   La Deni

Ciptakan lapangan Kerja demi Kesejahteraan Masyarakat BUTUR...


Bagaimana penilaian Anda tentang kinerja Pelayanan Publik di Kabupaten Buton Utara?

Baik

Cukup

Kurang

Jumlah Responden : 267
Lihat Hasil Poling

 


    Pengunjung hari ini : 70
    Total pengunjung : 50242
    Hits hari ini : 370
    Total Hits : 232551
    Pengunjung Online : 3