Arti Lambang


   

ARTI DAN MAKNA LUKISAN

 

KETERANGAN WARNA

 

  
1. 
Ungu
 : Ketenangan dan kesehatan
  2.
Putih
 : Kesucian, keluruhan, dan kejujuran
  3.
Merah
 : Keberanian
  4.
Kuning 
 : Keagungan, kejayaan, dan kemuliaan
  5.
Hijau
 : Kesejukan, kesuburan, dan kedamaian
  6.
Biru
 : Kesegaran
  7.
Coklat  : Kesabaran, penopang, dan kedekatan dengan lingkungan tradisi dan kebudayaan

 

 

 

 

 

 

 

 
 KETERANGAN LUKISAN
  

1. 

Perisai melambangkan selalu ingin mempetahankan kebenaran dan harapan masa depan cerah. Dengan lima sudut yang terdapat pada perisai menggambarkan konsistensi mempertahankan Pancasila.

 

2. 

Telur berbentuk bulat lonjong memberi makna adanya gagasan, ide, atau cita-cita indah yang kelak menetas menjadi suatu kesejahteraan rakyat Buton Utara.

 

3.

Padi dan kapas mengandung makna kemakmuran dan kesejahtreraan seperti pada Pancasila. Terdapat 17 (tujuh belas) butir menggambarkan kemerdekaaan Indonnesia dan bunga kapas berjumlah 8 (delapan) menggambarkan kemerdekaan Indonesia pada bulan 8.

 

4.

Kerang raksasa adalah lambang kebesaran masyarakat Buton Utara, diyakini bahwa setiap orang yang berkunjung ke Buton Utara belum sampai di Buton Utara sebelum menyentuh kerang tersebut. Kerang raksasa (Tridacna giags) di samping menjadi simbol kebesaran, juga secara hukum dan ilmiah merupakan hewan yang dilindungi serta menghasilkan mutiara.  Hal tersebut bermakna bahwa kekayaan sumber daya alam harus dilestarikan. Juga, kerang bersifat memfilter/menyaring bermakna bahwa masyarakat Buton Utara selalu selektif dan berhati-hati dalam segala perbuatannya.

 

5.

Benteng adalah lambang pertahanan dan keamanan untuk mempertahankan harkat, martabat kemanusiaan, dan moral. Juga bermakna mempertahakan jati diri terhadap pengaruh negatif dari luar. Keamanann harus terjamin agar pembangun dapat berjalan dinamis, menjaga/melestarikan kekayaaan alam di darat dan di laut. Tidak semua daerah mempunyai benteng karena itu pencitraan atau karakter ini harus dipertahankan.

 

6.

Gunung dengan tiga puncak yang saling berhubungan menggambarkan bahwa filosofi dasar masyarakat Buton Utara ada tiga prinsip:

 

 

  (1). Bolimo karo somanamo lipu.
  (2). Bolimo lipu somanamo sara.
  (3). Bolimo sara somanamo adati agama.

 

7.

Pita mempunyai makna keinginan masyarakat Buton Utara untuk menyerap, merekam, dan memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

8.

Rantai mempunyai makna adanya pengakuan persatuan dan kesatuan dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika. Rantai mempunyai makna adanya kebersamaan, persatuan dalam wilayah Kabupaten Buton Utara. Terdapat enam rantai yang saling berkaitan menggambarkan bahwa diawal pemekaran Buton Utara mempunyai 6 wilayah kecamatan yang bersatu padu.

 

9.

Riak ombak terdapat 2 gelombang dan setiap gelombang terdapat 7 riak. Hal tersebut menunjukkan bahwa Buton Utara mekar pada tanggal 2 tahun 2007. Riak ombak mengggambarkan kekayaan alam pada matra laut beserta segala isinya.

 

10. 

Buku yang terbuka melambangkan keinginan masyarakat untuk siap meraih prestasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta iman dan taqwa secara terus menerus dengan meningkatkan sumber daya manusia.

 

11.

Perahu, terdapat satu perahu bahwa Buton Utara mekar pada bulan 1 (Januari). Juga menyatakan bahwa di mana pun kita berada tetap tidak kehilangan identitas diri sebagai bangsa.

 

12.

Bintang mengandung makna global, jika dikaitkan dengan cita-cita yang tinggi ”gantungkan cita-cita setinggi bintang di langit”. Bintang yaitu lambang keagamaan, sehingga selaras dengan filosofi “adat besendikan sara dan bersendikan kitabullah”.

 

13..

Tulisan LIPU TINADEAKONO SARA bahwa berdasarkan sejarah Buton Utara adalah negeri yang didirikan dan dibangun oleh SARA.

 

 





Harga Websitenya Selangit   |   La Mbeto

Wah bnyk bgt untungnya ne...webnya dibikin dalam hitungan jam pake CMS Lokomedia.

Pembangunan Butur   |   La Deni

Ciptakan lapangan Kerja demi Kesejahteraan Masyarakat BUTUR...


Bagaimana penilaian Anda tentang kinerja Pelayanan Publik di Kabupaten Buton Utara?

Baik

Cukup

Kurang

Jumlah Responden : 355
Lihat Hasil Poling

 


    Pengunjung hari ini : 49
    Total pengunjung : 149249
    Hits hari ini : 155
    Total Hits : 557634
    Pengunjung Online : 4