Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama RI : Perkuat Transformasi Layanan Umat dengan cepat dan muda
January 4, 2022
Jelang HPN 2022 Dubes Pakistan di jadwalkan tiba di Kota Kendari Pada 7 Februari.
February 6, 2022
Show all

Program Bantuan Keserasian Sosial, Bupati Dorong Masyarakat Budayakan Kembali Gotong Royong

Buranga Infokom News- Bupati Buton Utara melalui Sekretaris Daerah Muh. Hardy Muslim mengungkapkan bahwa dengan Seiringnya perkembangan zaman saat ini, semangat gotong royong kian hilang dan luntur.

Memang tidak sepenuhnya hilang namun secara perlahan kebiasaan gotong royong mulai surut. Sementara kita tahu semua kalau masyarakat Indonesia itu di kenal dengan kebiasaan gotong royong yang di wariskan oleh para leluhur, ujarnya saat meresmikan tambatan perahu di Pantai Desa Lemo’Ea, (11/1).

Kenapa demikian, katanya Saat ini tradisi silaturahmi telah mengalami pengikisan sehingga harus kembali di galakkan oleh masyarakat. Oleh karena itu dalam moment keserasian sosial yang di gagas oleh kementerian sosial republik Indonesia moment ini dapat dijadikan sebagai pemantik bagi masyarakat untuk bersama – sama dan bahu membahu dalam bergotong royong, katanya

Menurutnya Program kementerian sosial berbasis masyarakat ini merupakan item kementerian sosial dalam upaya melakukan langkah – langkah dan tindakan pencegahan terjadinya konflik sosial.

Sehingga Program ini sebagai alat atau metode atau cara untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis bukan terletak pada pembangunan fisiknya tetapi pemerintah ingin melihat setinggi apa tingkat kegotong Royongan, tingkat partisipasi dan tingkat kebersamaan dalam mempererat tali persaudaraan antar masyarakat, khususnya masyarakat di desa Lemo’ea dan komunitas nelayan di desa lemo atas.

Pesan saya ujar Sekda Buton utara ini, bahwa Tambatan perahu yang di bangun ini dapat menjadi sarana yang tidak hanya sebagai tempat mengikat perahu saat berlabu, sebelum bongkar atau muat muatan, akan tetapi juga menjadi pengikat tali persaudaraan yang kuat bagi seluruh masyarakat Lemo’ea karna di bangun bersama dengan keringat bersama. Karna itu lah tambatan perahu ini tidak hanya kita bangun setelah itu selesai, tentunya pemeliharaan harus lah menjadi arah kita ke depan secara bersama – sama antara pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan budaya fasilitas adalah milik kita. Bukan untuk hari ini tetapi untuk anak cucu kita nanti, tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Dinas Sosial Kab. Buton Utara, Camat Kulisusu, Ketua dan Wakil Ketua PKK Kabupaten Buton Utara dan beberapa Kepala OPD lingkup Kabupaten Buton Utara, Plt. Kepala Desa Lemo’ea beserta jajaran.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter/fotografer Anjas L/ Arni.)