Hari Pertama Pameran, Kain Ecoprint Asal Butur Laris Terjual
May 24, 2022
Memperingati Hari kesatuan Gerak PKK ke 50 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Buton Utara.
June 8, 2022
Show all

Ini Pesan Ketua TP PKK saat Pelantikan PKK se- Kabupaten Buton Utara

Buranga, Infokom News– Ketua TP-PKK Kabupaten Buton Utara Hj. Muniarti M. Ridwan melantik ketua dan pengurus TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Buton Utara di Aula Bappeda, Selasa (31/5).

Pelantikan berlangsung hikmat karena dihadiri seluruh kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Buton Utara.

Sebagai Penanggungjawab utama dalam melaksanakan program kerja sampai di tingkat bawah, Ketua TP PKK kabupaten terus memberikan semangat dan dukungan penuh untuk merealisasikan 10 program PKK.

Dalam sambutan di acara pelantikan tersebut, Hj. Muniarti M. Ridwan menyampaikan kepada  pengurus TP PKK Kecamatan untuk mensukseskan dan mengimplementasikan sepuluh program PKK, dan berdayakan keluarga sesuai wilayah kerja masing-masing hingga ke tingkat Dasa Wisma.

“Jalin koordinasi, komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat demi mensukseskan program-program yang telah disusun. Tim penggerak PKK dan seluruh kader di Kabupaten Buton Utara, hendaknya tahu dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup,” ucap Hj. Muniarti M. Ridwan.

Disampaikan, Tim Penggerak PKK selama ini telah menunjukkan kiprah dan keberhasilannya dalam pembangunan keluarga.

“Sepuluh program PKK terbukti mampu membantu para perempuan beradaptasi dengan situasi pandemi, utamanya dalam pembiasan perilaku hidup bersih dan sehat, serta pemanfaatan lahan pekarangan,” katanya.

Dirinya mengharapkan kepada pengurus TP PKK Kecamatan  untuk mengarahkan seluruh kader PKK yang tersebar di desa/kelurahan di Kabupaten Buton Utara untuk menjadi energi penggerak yang mampu menjadikan setiap perempuan di level Desa hingga Dasawisma agar semakin tangguh dalam menghadapi pandemik Covid19.

“Teruslah mengedukasi masyarakat di wilayah saudara untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Saya mengucapkan terimakasih yang mendalam, sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerjasama yang baik selama ini, karena Tim penggerak PKK telah banyak membantu pemerintah Kabupaten Buton Utara, baik  melalui kegiatan sosial, peningkatan pengetahuan melalui kegiatan webinar, pencegahan perkawinan pada usia Anak, serta melaksanakan kompetisi yang mampu melahirkan berbagai inovasi serta memaksimalkan peran posyandu untuk terus menekan angka kejadian stunting,” ucapnya.

Selain itu, dirinya meminta para kader PKK yang dilantik hari Selasa kemarin serta seluruh kader PKK di Kabupaten Buton Utara untuk menciptakan program kerja yang dapat berjalan beriringan dengan kebijakan pemerintah daerah. “Terlebih masih dalam situasi sekarang ini, dimana berbagai permasalahan dan tantangan semakin kompleks,” ujarnya.

Dikatakan, berbagai isu terkait perempuan dan anak, edukasi pencegahan perkawinan usia anak, stunting kasus kekerasan dan upaya penguatan ekonomi keluarga perlu dikelola secara khusus.

“Saya Optimis dengan langkah beriringan antara pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, serta berbagai elemen masyarakat maka akan terwujud Kabupaten Buton Utara yang berdaya saing, maju dan sejahterah dan tidak akan menjadi angan-angan semata,” katanya.

“Saya juga berpesan kepada kepada seluruh ketua Tim penggerak PKK kecamatan yang dilantik hari ini, untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, wujudkan rasa syukur tersebut melalui kinerja yang baik dan tanggung jawab yang tinggi, jangan merasa segan untuk meminta arahan dan bimbingan kepada mereka yang sudah senior, maupun kepada pengurus Tim penggerak PKK di tingkat kabupaten. Tanggung jawab ada di pundak saudara. Memang sangat berat, namun saya yakin dan percaya saudara semua yang telah dilantik dapat menunaikan kewajiban dengan baik,” katanya mengingatkan.

Di akhir sambutannya, Hj. Muniarti M. Ridwan meminta kepada para camat sebagai pembina tim penggerak kecamatan untuk senantiasa memberikan bimbingan dan dukungan terhadap Tim PKK dalam melaksanakan sepuluh program pokok PKK. “Dengan sinergitas yang baik antara tim penggerak PKK dengan para pemangku kepentingan, saya yakin pelaksanaan berbagai program kerja dapat berjalan dengan baik, pungkas ketua Ketua TPP PKK Kabupaten Buton Utara,” pungkasnya.(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Harnia Fotografer Siti Hariani)