Buranga Infokom News -Dalam evaluasi terkait perencanaan dan penganggaran tahun 2023 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan/ BPKP Sultra menyampaikan hasil penilaian maturitas SPIP yang nilainya belum mencapai level 3 baru kisaran 2,7 sehingga diperlukan kinerja optimal untuk keberhasilan pemda dalam tatakelola pemerintahan.

 

Hal itu disampaikan Panut kepala BPKP RI provinsi Sulawesi Tenggara saat rapat evaluasi yang digelar di Aula Setda, pada Rabu (31/1).

 

Didampingi Bupati Muhammad Ridwan Zakariah dan wakil Bupati Buton Utara Ahali, Panut menjelaskan bahwa dari hasil pengawasan evaluasi pelaksanaan APBD Buton Utara terkait perencanan dan penganggaran indikator yang dimuat masih perlu dilakukan perbaikan untuk perencanaan dan penganggaran yang akan datang.

 

Untuk itu menurutnya bahwa Indikator yang dimaksud adalah: Pertama, jumlah kunjungan wisata di Butur atau kunjungan wisata yang dapat mendorong peningkatan PDRB Butur untuk sektor daya saing Pariwisata; Kedua, pola pangan harapan untuk sektor ketahanan pangan; Ketiga, pertumbuhan wirausaha untuk sektor pemberdayaan UMKM; Keempat, tingkat kemiskinan untuk sektor pengentasan kemiskinan; dan kelima adalah tingkat prevalensi stunting untuk sektor penurunan stunting, Jelasnya.

 

Sementara itu Bupati Buton Utara Muhammad Ridwan Zakariah mengungkapkan hasil evaluasi Ombusman RI, bahwa Buton Utara sesuai hasil penilaiannya untuk kinerja pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan masih berada pada zona kuning atau sedang.

 

“sebetulnya Buton Utara sudah berada di atas rata-rata namun kenyataannya seperti itu, maka kinerja kita harus ditingkatkan secara kualitas terutama peningkatan kualitas sumberdaya manusia apalagi dalam sistem manajemen keuangan, jelasnya dihadapan para camat dan kepala OPD lingkup pemerintah kabupaten Buton Utara.

 

Dan yang terpenting kita harus memahami aturan-aturan dan hukum-hukum yang digunakan dalam pengelolaan keuangan Negara, harap Bupati Butur dua periode ini.

 

(MC Kabupaten Buton Utara, Reporter/Fotografer Rajab



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com