Bupati Butur hadiri Musrembangnas Tahun 2024 Di Jakarta

Buranga Infokom News- Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) Tahun 2024, berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC). Senayan Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dan disiarkan secara live melalui kanal Youtube Bappenas RI.

Musrembangnas Tahun 2024 ini digelar dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2025 yang mengusung tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa saat ini, Indonesia dihadapkan pada situasi yang tidak mudah dan tantangan yang begitu besar.

“Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan hanya tumbuh sekitar 3,2 persen, serta dampak dari COVID-19 juga masih terasa sampai saat ini”, ucapnya

Lebih lanjut, diketahui bahwa beberapa negara telah masuk pada resesi seperti Jepang dan Inggris serta beberapa negara Eropa berada pada posisi menuju pada resesi.

Oleh sebab itu, diperlukan kehati-hatian dalam mengelola fiskal, mengelola anggaran, sehingga jangan sampai ada uang serupiahpun meleset dari rencana yang sudah dibuat dan skala prioritas juga harus diperhatikan.

“Saat ini, semua negara ketakutan akan dua hal yakni harga minyak dan bunga pinjaman. Semua negara takut akan hal itu karena ketika bunga pinjamanan meningkat meskipun kecil, beban terhadap fiskal akan sangat besar”,lanjutnya.

“Sekali lagi kita harus hati-hati dalam mengelola setiap rupiah dari anggaran yang kita miliki”, tambahnya.

Jokowi menjelaskan juga, bahwa pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah.

Karenanya, Presiden meminta agar antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus sinkron dalam melaksanakan Rencana Kerja yang telah disusun. Oleh sebab itu, sinkronisasi menjadi kunci utama dalam menjalankan pemerintahan.

Harapannya, Musrembangnas Tahun 2024 menjadi penyambung agenda Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah sehingga program yang direncanakan tepat sasaran dan dirasakan masyarakat.

“Musrembangnas bisa menjadi sekrup penyambung agenda pusat, provinsi, dan kabupaten/kota agar semua inline, seirama dan tepat sasaran serta nanti hasilnya betul-betul dirasakan rakyat”, tutupnya.

Turut hadir, Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin beserta para Menteri Koordinator, Jajaran Menteri, seluruh Gubernur, Bupati/Walikota, Sekretaris Daerah Provinsi dan Kab/Kota, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah se-Indonesia.

( Mc Kabupaten Buton Utara/Editor Rajab, Kontributor crew Protokol Setda )



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com