Bupati Butur Hadiri Rapat Paripurna DPRD memperingati HUT Sultra ke-60 di Kendari

Buranga Infokom News-Bupati Buton Utara Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Buton Utara, Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan juga selaku Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara Komisi-IV menghadiri kegiatan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara, Jum’at, 26 April 2024 di Hotel Claro Kendari.

Rapat yang diselenggarakan secara terbuka tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Sultra H. Abdurrahman Shaleh, SH., M.Si yang dihadiri oleh Pj. Gubernur Provinsi Sultra Komjen Pol (P) Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H, Anggota DPR RI Ir. Hugua, Forkopimda, Bupati/Walikota se-Sultra, Ketua Bawaslu, Ketua DPW/DPD Partai politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita dan Pelajar.

Ketua DPRD Provinsi Sultra dalam sambutannya mengatakan, bahwa pada momentum hari jadi Sultra yang ke-60 ini dirinya berpesan kepada seluruh komponen pemerintahan untuk terus mengoptimalkan kinerja yang nantinya bisa dipublikasikan kepada khalayak.

Nantinya kinerja tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi sehingga dari tahun ke tahun unsur pemerintah di Sultra bisa terus melakukan pengukuran terhadap kualitas pelayanan yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Terkhusus kami di DPRD terus berusaha untuk senantiasa megoptimalkan kinerja kami, terutama menghadapi isu-isu yang akhir-akhir ini melanda daerah kita khususnya bencana alam” ungkapnya.

Ketua DPRD juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj. Gubernur Sultra beserta jajaran yang telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan Sultra.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sultra Komjen Pol (P) Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H, menyampaikan selama menjabat sebagai Pj. Gubernur Sultra beliau bekerja untuk melanjutkan gagasan koordinasi dan efisiensi dalam menjalankan otonomi daerah dengan pencapaian, diantaranya:

Pertama, melahirkan peraturan daerah (Perda) pemerintah Provinsi Sultra No. 3 Tahun 2024 tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah berbasis data desa dan kelurahan presisi.

Kedua, bersama DPRD Sultra memperjuangkan fokus anggaran dalam APBD perubahan T.A 2023 dan APBD T.A 2024 yang berorientasi pada alokasi anggaran untuk lima bidang kesejahteraan rakyat, meliputi:

1. Bidang Sandang Pangan

2. Pendidikan dan Kebudayaan

3. Kesehatan

4. Kehidupan dan Jaminan Sosial

5. Perlindungan Hukum dan HAM

6. Infrastruktur dan Lingkungan Hidup

Selanjutnya menerapkan sistem digital dalam administrasi Pemerintah Daerah, yaitu aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk/Keluar (Sisumaker) dan aplikasi bayar Zakat, imbuhnya.

Pj. Gubernur juga berharap DPRD dan Kepala Daerah hirarkinya sama-sama sebagai penyelenggara Pemerintahan Daerah dan pada dasarnya tidak terpisahkan dari penyelenggaraan kedewanan daerah sehingga diharapkan sistem digitalisasi dapat diadopsi agar kinerja DPRD ditunjang dan diperkuat dengan digitalisasi administrasi kesekretariatan, pungkasnya.

(MC Kabupaten Buton Utara/ Reporter Crew protokol Setda, Editor Rajab)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com