Bupati Butur Hadiri Syukuran Kelulusan Peserta Didik SMPN 1 Kulisusu Tahun Pelajaran 2023/2024

Buranga Infokom News- Bupati Buton Utara yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, La Nita, S.Pd.,M.M menghadiri syukuran kelulusan peserta didik SMP Negeri 1 Kulisusu Tahun Pelajaran 2023/2024, Selasa, 11 Juni 2024.

Dalam sambutannya, La Nita menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara pendidikan, kepala sekolah, dan dewan guru SMP Negeri 1 Kulisusu yang telah berkontribusi dan memberikan dukungan moril kepada peserta didik hingga berhasil menamatkan pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama hari ini.

“Kami selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara pendidikan mulai dari Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, dan dewan guru yang selama ini sudah membekali peserta didik dengan berbagai strategi dan metode agar kemudian harapannya ke depan, anak-anak kita ini menjadi anak-anak yang baik, anak-anak yang dibanggakan, baik keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Menurutnya, momen ini adalah merupakan motivasi bagi penyelenggara pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi serta profesionalisme dalam menghadapi kurikulum dan implementasinya sehingga benar-benar pembelajaran dapat dinikmati dan dicintai oleh peserta didik sebagai bekal untuk beradaptasi pada jenjang pendidikan selanjutnya yang semakin kompetitif.

La Nita yang sekaligus adalah Kadis Kominfo Butur juga menyampaikan terima kasih kepada para orang tua peserta didik yang telah memfasilitasi, membina dan memberikan dorongan kepada para peserta didik sehingga mereka memiliki motivasi yang kuat untuk terus mempersiapkan diri menghadapi kompetisi yang makin kompetitif di masa mendatang, jelasnya.

Sebagai pemerintah daerah, kami akan selalu memberi perhatian dan kontribusi dalam bidang pendidikan, yang merupakan salah satu prioritas yang masuk dalam mandatory spending yang harus dipenuhi. Oleh karena itu dinas pendidikan diamanahkan untuk memfasilitasi, mempersiapkan kurikulum yang representatif dan anggaran yang memadai sehingga pihak sekolah dalam mengelola pendidikan tidak terdapat kendala atau permasalahan yang muncul.

Dengan porsi anggaran yang disediakan untuk bidang pendidikan minimal 20% dari APBD, maka peserta didik tidak lagi mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, untuk menjadi anak-anak yang berprestasi dan berguna di masa-masa yang akan datang.

Kepada peserta didik diharapkan juga  menghindari pergaulan-pergaulan yang negatif seperti penggunaan narkoba, miras, perjudian, pergaulan bebas dan hal negatif lainnya.

“Kepada peserta didik kita, hindari pergaulan-pergaulan yang negatif, karena dengan menghindari itu maka akan menjadi anak yang baik, yang cerdas, yang punya intelegensia, beriman dan bertakwa sebagai pengendali dalam proses perjalanan hidup di dunia apalagi di akhirat nanti,” tutupnya.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Kabupaten Buton Utara, Drs. Kusman Surya, M.Ap dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Sekolah, Dewan guru, Komite Sekolah, dan orang tua peserta didik yang telah berkolaborasi bahu membahu membantu dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP 1 Kulisusu.

Menurutnya, tugas seorang guru sangat berat bukan hanya sekedar membekali anak didik dengan ilmu pengetahuan semata tetapi juga mempersiapkan anak didik agar memiliki karakter atau budi pekerti yang luhur untuk menjadi filter dalam menjalani kehidupan nyata.

Jadikan moment kelulusan ini bukan hanya kegiatan seremonial, akan tetapi jadikan ini untuk mereflesikan keberhasilan pendidikan kita dengan melakukan evaluasi untuk perbaikan mutu pendidikan kita, jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kulisusu, La Ode Nursalam, S.Pd menyampaikan jumlah peserta didik yang mengikuti ujian Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 194 siswa dengan tingkat kelulusan 100%, pungkasnya.

Turut hadir: Forkopimda, Camat Kulisusu, Korwas, Komite Sekolah, dan orang tua peserta didik.

 

(MC Kabupaten Buton Utara, Redaktur/Editor Sitti Hariani)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com