Buranga, Infokom News – Upacara Peringatan Hari Guru Nasional ke-29 dan HUT PGRI yang ke-77 dipimpin langsung oleh Bupati Buton Utara Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. selaku Inspektur Upacara, pada Hari Kamis, 24/11/2022 di Lapangan Raja Jin Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPR, Sekretaris Daerah, Forkopimda, Kepala OPD, para Asisten dan Staf Ahli, perwakilan guru se-Kabupaten Buton Utara, serta perwakilan para siswa dan siswi tingkat SD, SMP hingga tingkat SMA.

Pada upacara tersebut Bupati menyampaikan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim :

Saudara-saudari Guru sebangsa dan setanah air,

Hari ini kita memperingati dan merayakan Hari Guru Nasional pada 25 November 2022 bersamaan dengan Hari Ulang Tahun
Persatuan Guru Republik Indonesia ke-77 dengan mengusung Tema “Serentak Berinovasi Mewujudkan Merdeka Belajar”

Hari ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki.

Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, yang menggenggam teguh Falsafah Pancasila, dan mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.

Karenanya, Kemendikbudristek secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar.

Empat upaya perbaikan yang terus kami kerjakan bersama berbagai elemen masyarakat, antara lain:

Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan Pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Dari lubuk hati yang terdalam saya dan keluarga besar kementerian mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga. Terobosan-terobosan merdeka belajar betul-betul dapat menyasar seluruh masyarakat, mulai guru dan pelajar, dari PAUD sampai pendidikan tinggi.

Ibu/Bapak Guru, dan adik-adik pelajar yang saya banggakan,

Kita perlu memahami bahwa di depan masih membentang sederet tantangan yang akan dan harus kita lalui bersama. Mari kita lalui segala tantangan dengan inovasi dan solusi. Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia.

Ketahuilah tidak ada tantangan yang tidak dapat dihadapi bangsa yang besar ini jika kita bergotong-royong.

Dengan bergotong-royong upaya kita untuk mewujudkan merdeka belajar akan terlaksana dengan lancar. Silih asah, silih asuh, dan silih asih. Saling memintarkan, saling menyayangi, dan saling memelihara, demi satu tujuan SDM unggul Indonesia maju.

Akhir kata, di hari yang mulia ini saya ucapkan selamat Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia. Mari bangkit dan pulih, Mari serentak berinovasi mewujudkan merdeka belajar.

Jakarta, 25 November 2022
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI,
Ttd
Nadiem Anwar

(MC Kabupaten Buton Utara, Reporter Hariani, Fotografer Bayan)



1 Comment

Leave a Reply

SeputarWaktu.Com