Buranga, Infokom News – Ajang Fishing Tournament dan Lomba Balap Katinting yang diselenggarakan mulai 2 Desember hingga 4 Desember 2022 di Desa Malalanda Kabupaten Buton Utara resmi ditutup oleh Bupati Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si.

Acara yang diselenggarakan selama 3 hari tersebut berlangsung meriah dan penuh antusiasme dari warga masyarakat Buton Utara.

Acara Buton Utara Fishing Tournament yang diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Buton Utara ini diikuti oleh sebanyak 925 engler yang terdiri dari masyarakat lokal maupun yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Fishing Tournament dengan kategori tradisional terdiri dari 80 tim dengan jumlah 315 orang, dan peserta moderen sebanyak 63 tim dengan jumlah 610 orang, sementara untuk Lomba Balap Katinting terdiri dari 47 tim.

Total hadiah yang diperebutkan dalam event tersebut yaitu senilai 200 juta rupiah berupa uang tunai serta jackpot 1 buah mobil untuk pemancing moderen dan 1 unit motor untuk pemancing tradisional.

Peserta yang berhasil meraih juara untuk Lomba Balap Katinting yaitu, Juara I diraih oleh nomor perahu 008 dengan total hadiah Rp 20.000.000,-, Juara II diraih oleh nomor perahu 020 dengan total hadiah Rp 15.000.000,-, Juara III diraih oleh nomor perahu 030 dengan total hadiah Rp 10.000.000,-, dan Juara IV diraih oleh nomor perahu 026 dengan total hadiah Rp 4.000.000,-.

Sementara untuk Fishing Tournament yang berhasil meraih juara pada kategori kelas tradisional yaitu, Juara I diraih oleh Tim Tuna Losari, Juara II diraih oleh Tim Ee Nunu, Juara III diraih oleh Tim APS KP, untuk kategori Travelly dimenangkan oleh Tim Kokabi, kategori Tuna dimenangkan oleh Tim Tuna Biru, kategori Snapper dimenangkan oleh Tim Waode Gusi, dan kategori Grouper dimenangkan oleh Tim APS KP; sementara yang meraih hadiah jackpot 1 unit motor yaitu Tim Tuna Biru untuk kategori Tuna dengan berat ikan sebesar 49,65 kg.

Untuk Kelas profesional pada Fishing Tournament Buton Utara 2022 yang meraih Juara pada klasifikasi umum yaitu, Juara I diraih oleh Tim Punggawa I, Juara II diraih oleh Tim Semut Ireng, Juara III diraih oleh Tim Paslure 2; untuk klasifikasi juara species yaitu, species tuna dimenangkan oleh Tim Sorfic 2, species grouper dimenangkan oleh Tim Angler Ribut, species Snapper dimenangkan oleh Tim Sorfic 1, species amberjack dimenangkan oleh Tim Paslure 1, species matabongsang dimenangkan oleh Tim Makassar Angler Community, species Oilfish dimenangkan oleh Tim Rewa Palopo, dan kategori species lain dimenangkan oleh Tim Sorfic 2; untuk klasifikasi kapten terbaik, Juara I diraih oleh Tim Punggawa I, Juara II diraih oleh Tim Semut Ireng, dan Juara III diraih oleh Tim Paslure II; sementara untuk klasifikasi jackpot berupa hadiah 1 buah mobil yaitu diraih oleh Tim Rewa Palopo.

Acara Fishing Tournament dan Lomba Balap Katinting tersebut didukung oleh puluhan sponsor, beberapa diantaranya yaitu Mayor Jenderal (Purn) Andi Sumangerukka, SE.,MM, sebagai sponsor utama, Tokoh Veteran Pancing, Kopi Gajah, KKSS Buton Utara, Generasi Indonesia Eksekutif Fishing Butur, Kurnia Bordir, Planet Audio, dan lain-lain termasuk para kepala OPD Kabupaten Buton Utara.

Acara penutupan Fishing Tournament dan Lomba Balap Katinting tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, para kepala OPD, forkopimda, Anggota DPRD, para camat, para kepala desa, serta para panitia dan peserta Fishing Tournament dan Lomba Balap Katinting.

Dalam sambutannya, Bupati Buton Utara menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia dan unsur-unsur terkait dalam event tersebut “Tentunya saya atas nama pribadi maupun pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara ingin menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya, setinggi-tingginya kepada seluruh unsur panitia dan unsur-unsur lain yang terkait yang telah menyelenggarakan turnamen ini dengan sangat sempurna dan semua agenda dapat terlaksana dengan baik, tentunya tidak terlepas dari kerjasama kita semua beserta masyarakat, para peserta, kerjasama seluruh pengamanan dan unsur-unsur terkait sehingga apa yang kita harapkan bersama dapat terwujud dan menjadi kebanggaan kita”, ungkapnya.

“Untuk itu kedepan, kalau kali ini event kita berkelas nasional atau pun regional, kedepannya kita naikkan kelasnya menjadi kelas Internasional, Insya Allah ini tidak mustahil, kalau kita bersama pasti bisa. Dan saya sudah berkonsultasi, dengan rekan-rekan tetangga bupati yang lain seperti bupati Wakatobi, bupati Konawe Kepulauan, mereka siap untuk berkolaborasi dengan Buton Utara dimana event internasional ini kita kemas sedemikian rupa sehingga benar-benar menjadi event yang berkelas dunia, insya Allah”, lanjutnya.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh unsur terkait, “Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Buton Utara memohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila dalam penyelenggaraan event ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati kita semua, semoga Allah SWT tetap memberikan kita rahmat, memberikan kemampuan, kekuatan, kesehatan sehingga event kedepan kita dapat bertemu lagi dalam suasana yang lebih membahagiakan”, tutupnya.

(MC Kominfo Butur Reporter Hariani Fotografer Nasriah)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com