Buranga, Infokom News – Lauching program Dapur Sehat atasi Stunting (Dashat) di gelar oleh Dinas pengendalian Penduduk dan keluarga berencana di balai desa Laangke,senin (15/08).

Kegiatan lauching ini sebagai langkah awal pelaksanaan kegiatan Dashat dikampung keluarga berkualitas dengan meningkatkan kualitas gizi masyarakat melalui optimalisasi sumber daya lokal dalam rangka percepatan penurunan stunting.

Bupati Buton Utara yang di wakili oleh sekretaris daerah Muhammad Hardy Muslim mengatakan bahwa, kami selaku pemerintah kabupaten Buton Utara memberikan apresiasi yg se tinggi – tingginya kepada pemerintah Desa Laangke melalui dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana yg sebentar lagi akan melalukan launching dapur sehat atasi stunting (Dashat), semoga hal ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi desa/kelurahan di kecamatan lain untuk melaksanakan lauching Dashat, ungkapnya.

Selanjutnya menurut nya, Dashat ini bisa meningkat kesejahteraan keluarga lewat keterlibatannya dalam kelompok usaha keluarga atau masyarakat, karena penyebab masalah stunting adalah kondisi kesehatan dan asupan nutrisi yang tidak optimal, jelasnya.

Dengan Dashat tiap ibu hamil, atau ibu yang hendak hamil dan ibu menyusui lebih di perhatikan asupan nutrisinya sehingga lahir generasi penerus yg optimal, sehat dan berkualitas.

Dalam kegiatan launching ini sekaligus langsung di kukuhkan Tim Dashat oleh ketua TP PKK Kabupaten Buton Utara Hj. Muniarti M. Ridwan sebanyak 15 orang dan pembagian beras bagi keluarga beresiko stunting 10 orang (ibu hamil dan balita).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua dharma wanita persatuan kabupaten buton Utara Waode Ernawati aswan, anggota DPRD komisi III ibu Hj. Hasrianti Ali, beserta para kepala OPD, camat Kulisusu,kepala desa langke, Banbinsa, Bhabinkamtibmas dan kader KB desa langke.

(MC Kabupaten Buton Utara).



2 Comments

Leave a Reply

SeputarWaktu.Com