Kain Tenun Kambowa Butur Laris Diminati Pengunjung Pada Pekan Produk Unggulan Daerah Tahun 2024

Buranga Infokom News-Kain Khas Tenun Kambowa asal Buton Utara diminati pengunjung yang mengikuti pameran di Hari Ulang Tahun Sulawesi Tenggara yang ke-60 di Kota Kendari, Rabu (24/4/2024).

Dihari pertama pembukaan ada empat produk yang diminati pengunjung diantaranya kain tenun kambowa, tas kulit motif, sambal katapai dan gula aren.

Menurut ketua tim penggerak PKK Dra. Hj. Muniarti M. Ridwan kain tenun dan produk-produk UMKM Buton Utara sudah mulai dikenal dan dipromosikan di pasar Nasional dan Internasional sehingga produk UMKM Buton Utara tidak kalah bersaing dengan produk UMKM yang ada di Kabupaten Se-Sulawesi Tenggara.

Alasan mereka menyukai tenun Butur karena motifnya yang unik, warnanya lebih elegan, dan masih langkah di pasaran, kata ketua TP PKK Hj. Muniarty M.Ridwan.

Tenun Kambowa dengan corak katapai merupakan salah satu produk yang laris diminati pengunjung dengan jenis benang sutra dan semi sutra serta benang katun menambah keindahan tenun itu sendiri. Alasan tenun itu disukai pengunjung selain motif yang unik, warna yang lebih elegan dan corak yg langka di pasaran sehingga harga tenun itu dibandrol Rp 700-800 ribu perkainnya, ungkap ketua TP PKK Butur.

Beberapa juara dan penghargaan tenun Butur dikenal sejak dulu tahun 2023 lalu.

“Kita sudah Juara Sultra tenun karnaval motif pengembangan terbaik tahun 2023 lalu, ujarnya.

Kemudian Juara pertama motif terbaik di fasion week Indonesia tahun 2024.

Kita berharap prestasi ini kita bisa pertahankan dengan terus mendampingi dan mendorong pelaku UMKM kita, ujarnya.

Menurut Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Sahrun Akri, SP.,M.Si mengungkapkan bahwa hadirnya UMKM pada Pekan Produk Unggulan Daerah ke IV provinsi sulaweai tenggara, maka “ke depan bahwa UMKM yang ada di Buton Utara akan lebih kompetitif dan lebih baik lagi di bandingkan dengan daerah lain dan tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat Buton Utara”, harapnya.

Dengan tumbuhnya UMKM akan menjadi penyanggah ekonomi masyarakat terutama dalam mengendalikan inflasi yg fluktuatif sehingga perputaran ekonomi lebih cepat, sehat dan produktif.

Kemudian kita akan perluas jejaring bisnis dengan menawarkan produk-produk unggulan daerah baik skala lokal, regional bahkan internasional, jelas Sahrun saat ditemui di lokasi pameran.

(MC Kabupaten Buton Utara reporter Nirmalasari, fotografer Nasriah)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com