Buranga Infokom News – Resmi di buka pameran pembangunan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi pada HUT ke 59 se-Sulawesi Tenggara pada Rabu (10/5) di Rumah Jabatan Bupati Kolaka Timur.

Para kepala daerah serta pejabat daerah se Sulawesi Tenggara (Sultra) menghadiri gala dinner pembukaan Pameran Pembangunan..

Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Sekretaris daerah provinsi Sultra Asrun Lio, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Bupati Koltim Abdul Aziz selaku tuan rumah pegelaran HUT Sultra ke 59.

Dalam rangkaian pembukaan ini, turut diluncurkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Gubernur Sultra Ali Mazi mengapresiasi pemerintah pusat karena telah menunjuk Provinsi Sultra sebagai salah satu daerah pelaksana kampanye dan peluncuran Gernas BBI dan BBWI tahun 2023.

“Penunjukan ini menandakan jika Provinsi Sultra yang terdiri dari daratan dan kepulauan memiliki potensi besar, khususnya potensi pariwisata dengan beragam daya tariknya yang dapat menjadi kebanggan,” kata Ali Mazi.

Gubernur juga berkeyakinan, dengan potensi yang ada tidak hanya menjadi kebanggan semata tapi juga sebagai potensi yang bisa mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, Pemprov Sultra dengan dukungan seluruh kabupaten kota siap mensukseskan BBI dan BBWI.

”Berangkat dari potensi tersebut, kami berkeyakinan jika Sultra adalah masa depan Indonesia. Pemporv Sultra dan Kabupaten Kota dengan dukungan berbagai pihak siap mendukseskan gernas BBI dan BBWI,” terang Ali Mazi.

Gubernur juga menyampaikan, kalau pameran pembangunan daerah telah menjadi tradisi tahunan yang dilaksanakan bersamaan dengan Hari Ulang tahun Sultra, untuk menunjukan hasil kinerja dan capaian dalam setahun terakhir.

“Tetapi juga dalam rangka mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan berbagai potensi unggulan daerah di Sultra sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Ali Mazi.

Ia juga menyebut, momen HUT Sultra ke 59 merupakan momentum yang istimewa bagi dirinya bersama Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas karena merupakan Pameran Pembangunan terakhir dimasa pemerintahan AMAN (Ali Mazi-Lukman Abunawas) memimpin Sultra Periode 2018-2023.

Gubernur Ali Mazi menyampaikan permohonan maaf, jika di sepanjang perjalanan pembangunan daerah Sulawesi Tenggara dimasa kepemimpinannya ada hal-hal yang belum tercapai, sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Semoga kita dapat tetap bersama-sama meskipun pada ruang pengabdian yang berbeda untuk mewujudkan Sulawesi Tenggara yang lebih baik lagi di masa mendatang,” pungkas Gubernur Ali Mazi.

Dibuka dengan resmi dengan pemukulan gong, disaksikan sejumlah Kepala Daerah se-Sultra dan Kementrian.
Perwakilan kementrian yang hadir yakni Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementrian Koordinator Marves.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Rajab fotografer Erja)



Leave a Reply