KPU Butur Gelar Peluncuran Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024

Buranga Infokom News-Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, La Nita, S.Pd, M.M mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Buton UtaraTahun 2024 bertempat di RTH Minaminanga, Rabu, 29 Mei 2024.

Dalam sambutannya, La Nita mengatakan berdasarkan peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan Pilkada telah ditetapkan bahwa pemungutan suara serentak Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Hari ini, tahapan Pilkada serentak yang akan memilih Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara secara resmi akan dimulai. Untuk itu dibutuhkan peran serta semua pihak baik penyelenggara, masyarakat maupun peserta Pilkada dalam menaati seluruh ketentuan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Untuk suksesnya seluruh tahapan Pilkada diperlukan sinergitas yang baik antar seluruh unsur penyelenggara, pemerintah daerah, pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda serta seluruh elemen masyarakat Buton Utara dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada Tahun 2024.

Kegiatan peluncuran ini bukan hanya sekedar seremonial belaka namun lebih dari itu merupakan tongkat awal untuk mendongkrak semangat partisipasi seluruh elemen terkait dalam upaya menyukseskan seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Buton Utara, jelasnya.

La Nita, yang juga Kadis Kominfo Buton Utara berharap peluncuran tahapan Pilkada ini dapat menjadi momentum bagi semua pihak baik sebagai penyelenggara, masyarakat, maupun sebagai peserta Pilkada untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Kepada penyelenggara Pilkada maupun TNI/Polri dan semua pihak yang terlibat, semoga semakin semangat dalam menjalankan setiap tahapan Pilkada Tahun 2024 ini agar berjalan dengan sukses, kondusif, tertib, aman dan lancar untuk bersama-sama membangun Buton Utara yang semakin baik ke depan, pungkasnya.

Sebelumnya Ketua KPU Butur, Munarsih, S.P menjelaskan bahwa kegiatan peluncuran hari ini adalah kegiatan untuk pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan nanti di tanggal 27 November 2024.

“Kami sangat berharap dukungan dari semua pihak baik itu pemerintah daerah, aparat keamanan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan insan pers serta semua pihak untuk dapat mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada”. Kita tetap menjalani kerjasama dan keterlibatan masyarakat untuk partisipasinya agar Pilkada Tahun 2024 terlaksana dengan baik nantinya, ucapnya.

Menurutnya, salah satu indikator keberhasilan Pilkada adalah partisipasi masyarakat. Pada Pilkada Tahun 2020 yang lalu Butur melampaui target nasional dalam hal tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada. Oleh karena itu, kita upayakan di Tahun 2024 ini tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada akan lebih meningkat lagi.

Petugas penyelenggara Pilkada pada Bulan Juni nanti akan melakukan pemutakhiran data pemilih untuk memastikan agar masyarakat tercatat dalam daftar pemilih untuk menggunakan hak pilihnya di TPS nanti. Oleh karena itu dibutuhkan kerja samanya yang baik, jelasnya.

Selanjutnya, Ketua KPU Provinsi Sultra, Dr. Asril, S.Sos, M.Si mengungkapkan bahwa peluncuran tahapan Pilkada Kabupaten Buton Utara pada saat ini merupakan peluncuran perdana di Provinsi Sultra yang menyelenggarakan lounching tahapan Pilkada Tahun 2024, pungkasnya.

Turut hadir para Komisioner KPUD Provinsi Sulawesi Tenggara, para Komisioner KPUD Butur, perwakilan Komisioner KPUD Kab/Kota se-Sultra, Sekretaris KPUD Provinsi Sultra, Sekretaris KPUD Butur, Forkopimda Butur dan unsur masyarakat serta dihibur dengan artis ibu kota.

(Mc Kabupaten Buton Utara/Editor Rajab, Kontributor Hamsil)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com