Menu masakan khas Butur digemari, Trinop Tijasari; Memang enak masakannya.

Buranga Infokom News – Masakan khas yang dilombakan Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Utara mengundang perhatian juri saat menilai sajian menu yang ditampilkan oleh para cheef PKK Butur bertempat di pelataran rujab wakil bupati konawe, Sabtu, (20/4/2024).

Kenapa menjadi perhatian juri, karena memang bahan sajian menunya semua dari pangan lokal yang memiliki nilai gizi tinggi dan punya kualitas rasa yang khas dan tidak dimiliki di daerah lain, ungkap ketua TP PKK Muniarty. M. Ridwan.

Menurutnya, semua bahan bakunya berasal dari pangan lokal non beras petani dan hasil laut yang dimilki nelayan Buton utara dan jadi makanan pokok daerah.

Diantaranya menu yang kami sajikan semua adalah non beras yaitu :

1. Paria pesilimbu (Paria berselimut) memiliki manfaat meningkatkan sistem imun tubuh dan bisa mengobati asam urat. Menariknya dari menu ini karena balutan variasi campuran saos tomat dan cabe.

2. Kasitela fantasi (bahan dari ubi jalar unggu). Merupakan sajian makanan utama sudah mengandung semua unsur gizi. Didalam masakan ini juga juga terdapat tambahan ayam sumber protein hewani, jagung kuning, kentang, sayuran dan bumbu lainnya yang serba alamai. Manfaat kesehatan dari menu ini menjadi anti oksidan tinggi dan mencegah kadar gula dalam darah, dan yang menarik dari menu ini karena warnanya unik dan indah.

3. Roe Sambal Katapai (bunga pepaya dan ikan tuna) perpaduan bunga pepaya dan Ikan Tuna dibumbuhi dengan sambal khasnya, sehingga aromanya mengundang selera makan bagi pengunjung.

4. Koloura mokesa (udang lobster). ini memiliki kandungan omega tinggi untuk kesehatan otak dan memelihara kesehatan tulang.

Dan susunan menu yg lainnya merupakan pendamping dan pelengkap yg mengandung nilai gizi tinggi.

“Semua bahan baku masakan kita adalah dari pertanian yang dimiliki Buton Utara, jelasnya

Saat tim Juri merasakan aroma dan rasanya seketika mengungkap nikmatnya dan enak untuk menjadi sajian makan sehari-hari.

Seperti diungkapkan oleh salah satu Juri Trinop Tijasari Harmin Pj. Ketua TP PKK Konawe mengatakan masakan butur enak-enak semua, ujarnya saat melakukan penilaian. “Enak, memang enak, kata Trinop.

 

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Arni, editor Rajab)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com