Buranga, Infokom News – Pemerintahan Kabupaten Buton Utara memperingati Hari Sumpah Pemuda Yang ke-94, bertempat di pelataran Lapangan Raja jin pada hari Jum’at tepatnya Jam 7.30 Wita Tanggal 28 Oktober 2022. Adapun Hari Sumpah Pemuda pada Jum’at Pagi Tadi di Pimpin Langsung Oleh Wakil Bupati Buton Utara di Hadiri oleh Para OPD, Dandim , Kapolres, Ketua KPNI, Camat Kulisusu, Tokoh Adat serta Para siswa siswi Tingkat SD, SMP, SMA dan ditambahkan dengan Penampilan peragaan keliling Baju Adat dari 37 Provinsi yang ada di Indonesia .

Hari Sumpah pemuda Pada (28/10/2022) merupakan peringatan ke-94. Menurut Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Dalam upaya peringatan Sumpah pemuda Wakil Bupati Buton Utara selaku Pemimpin Upacara menjelaskan Kita Bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan,dengan ketangguhan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan perdaban yang unggul sebagai ekstensi Bangsa Indonesia. Tema ini menjadi tema sumpah pemuda dalam konteks kekinian yang akan datang “Tuturnya”.

Inilah yang menjadi tekat kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan serta mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa, semangat untuk saling bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang Merdeka Berdaulat Bersatu Adil dan Makmur.

Secara dinamis sesuai kontes lingkungan yang sangat strategis yang selalu berubah-rubah, Pemuda hari ini adalah Pemuda Tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di Masa yang akan datang.

Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya, memandang keberagaman adalah Anugerah yang berharga untuk di rangkai menjadi kekuatan yang luar biasa untuk menggapai kejayaan Indonesia.

Indonesia di Masa yang mana datang Namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman Pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan Destruktif yang tidak membutuhkan. Terhadap situasi tersebut maka upaya pengembangan dan pemberdayaan Pemuda menjadi kreatif dan inovatif , kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia dan dikembangkan,Agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini bermula dari titik Nol Ibu Kota Nusantara kami mengajak seluruh Elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak Mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada Indonesia demi membangun kejayaan sepanjang masa ” Kerja ,Kerja, Kerja ” kolaboratif antara pihak perlu di kembangkan karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial, pembangunan pemuda membutuhkan proses keras yang singkrong dan harmonis.

Menghadirkan sejarah masa lalu untuk merenungkan hari ditemukan Kristalisasi Pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan istilasi gerakan langkah menuju Misi Bangsa yang pesat.

Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap, primorbiar, suku ,Agama, Ras dan Kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan, sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan, peran pemuda adalah mempelopori pembangunan, Misi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakan yang mengantarkan kepada Proklamasi kemerdekaan Indonesia. peran pemuda telah tercatat dengan Tinta Emas sepanjang Masa.

Peringatan hari Sumpah pemuda selalu memiliki arti penting karena ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema peringatan hari Sumpah Pemuda saat ini adalah bersatu Bangun Bangsa. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting pembangunan ketangguhan bangsa,dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas dua puluh empat lima , tetapi juga menjadi tulang punggung untuk Kejayaan Bangsa sepanjang Masa, pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa keaktifan dan mengasa inovasi adalah Pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda. ” Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga potensi bangsa dan memenangkan persaingan dan kanca global yang semakin keras” ujarnya.

Jika kita meliha kondisi pemuda Indonesia saat ini maka terdapat opotisme-opotisme yang penuh harapan disana masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan. Kita patut bersyukur melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi berbagai bidang yang membanggakan baik pemuda pada level Nasional maupun Internasional dan ini menjadi modal untuk keunggulan.

Hari Sumpah pemuda yang ke -94 ini adalah sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersatu bersama membangun bangsa semoga tuhan yang Maha Esa Allah yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membantu persatuan Bangsa dan menggapai cita-cita Kejayaan Indonesia.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Harnia Fotografer Erja)



Leave a Reply