Buranga Infokom News – Memaknai kembali hikmah dari peristiwa Isra dan Miraj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, Pemerintah Kabupaten Buton Utara menggelar kegiatan Peringatan Isra Miraj Tingkat Kabupaten 1444 H / 2023 Masehi pada Senin (27/02).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kamali Rumah Jabatan Bupati dihadiri oleh seluruh OPD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Para Staff ahli Bupati, Assisten Daerah Setda, Para Kepala SKPD, Ketua dan Wakil Ketua PKK, Ketua DWP, segenap aparatur Lingkup Pemkab Buton Utara, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat menjadi jamaahnya.

Dengan tema “Meningkatkan Kualitas Shalat Menuju Peribadi Yang Disiplin Dan Istiqomah” acara tersebut diisi dengan ceramah oleh Ustad Jamaluddin Uksim.

Bupati Buton Utara Dr. Muhammad Ridwan Zakariah, M.Si mengatakan bahwa Peringatan isra mi’raj tahun ini, bukan hanya ritual tahunan semata akan tetapi momentum ini dalam rangka memperkuat dan mempertebal keimanan kepada Allah SWT.

Karena itu lanjut orang nomor satu di Buton Utara itu bahwa ini banyak hikmah dan pelajaran dari perjalanan Rasulullah SAW yang dapat kita petik dan direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari .

Dijelaskan, bahwa Isra mi’raj adalah merupakan peristiwa yang luar biasa sehingga merupakan mukjizat yang sangat besar dari kerasulan Nabi Muhammad SAW.

Isra mi’raj yang terjadi pada beliau dilakukan dengan ruh dan jasad yang dalam waktu kurang dari satu malam, dalam hal ini kalau hanya dilihat dari pendekatan alam pikiran manusia dan nalar yang sangat terbatas untuk peristiwa ini sangatlah irasional.

Namun kita sebagai umat Islam wajib untuk meyakini peristiwa isra mi’raj yang diperjalankan nabi Muhammad Saw untuk menerima mandat untuk menjalankan sholat yang menjadi kewajiban seluruh umat islam, Jelasnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, peristiwa isra mi’raj nabi Muhammad SAW sarat dengan peristiwa simbolik berbagai bentuk pengalaman yang dialami oleh nabi selama perjalanan itu dimaksudkan oleh Allah untuk memperlihatkan kepada nabi Muhammad SAW sebagian dari tanda-tanda kebesaran- Nya, pengalaman tersebut kemudian disampaikan kepada umatnya agar direnungkan dan dipetik hikmahnya sehingga umatnya mampu meraih martabat yang tinggi disisi Allah SWT.

Oleh karena itu, selaku kepala daerah mengapresiasi terlaksananya acara ini dalam rangka meningkatkan kualitas dan juga mengembangkan tali ukhuwa islamiah diantara semua umat muslim.

“Dengan terjalinnya silaturahmi yang kuat akidah dan beribadah yang tinggi karena Allah SWT, insyaallah kita mampu berislam dengan baik di kabupaten Buton Utara, ungkap bupati.

Untuk itu saya berharap mudah mudahan berkat isra mi’raj ini menjadikan diri semakin dekat dengan Allah SWT , mari kita singkirkan saling menyalahkan, saling mencelah, saling mengejek , merasa diri yang paling baik atau yang paling benar. Sebaiknya mari kita bangun kebersamaan, kita bangun kerukunan, kita bangun tolrenasi dan saling percaya, Harapnya.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Nasriah, fotografer Erja)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com