Buranga, Infokom News – Bupati Buton Utara Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. diberi Gelar Kehormatan Adat Kebangsawanan dari Kesultanan Buton pada peringatan Pesta Adat Haroano Tau pada hari Kamis, 29/12/2022 yang bertempat di Kraton Kulisusu Kabupaten Buton Utara.

Dalam acara menganugerahan gelar tersebut turut dihadiri oleh Bupati Konawe Utara, para petinggi Kesultanan Buton, Forkopimda, para Kepala OPD, Asisten dan Staf Ahli, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, serta pegawai lingkup Kabupaten Buton Utara.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas kehadiran para tokoh dari Kesultanan Buton serta Bupati Konawe Utara yang sempat menghadiri acara. “Masyarakat Buton Utara adalah masyarakat yg penuh dengan adat istiadat. Sejarah telah membuktikan bahwa antara Ternate dan Buton Utara memiliki hubungan sejarah yang baik di masa lalu.

Sebuah kehormatan ini akan menjadi beban bagi saya, dan tanggung jawab saya. Saya akan jaga marwah, harkat dan martabat kesultanan Buton. Tentunya tidak mungkin bisa saya laksanakan sendiri, harus saya didukung oleh seluruh masyarakat.

Insya Allah masyarakat Buton Utara sebagai masyarakat yang terbangun dari lipu tinadeakono sara adalah masyarakat yang sangat taat dengan adat dan budaya.

Untuk itu saya berharap agar kedepan Buton Utara ini akan menjadi sebuah negeri yang maju, aman dan sejahtera yang bisa mendukung seluruh masyarakatnya, yang bisa memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakatnya. Saya yakin dengan potensi kita yang ada sekarang ini, kedepan Buton Utara akan berjaya seperti daerah lain.

Saya pikir kehadiran Bupati Konawe Utara pada hari ini sebagai rekan, sebagai adik, dan sebagai kerabat saya, akan berdampak baik bagi kita.

Bapak-bapak, Ibu-ibu sekali lagi bahwa ketika Tuhan berkehendak maka tidak ada yang mustahil, hari ini terbukti kebersamaan kita sungguh sangat menggugah hati nurani saya. Begitu antusiasnya masyarakat Buton Utara, begitu seriusnya dari pihak Kesultanan Buton untuk kebersamaan kita pada hari ini.

Dan mudah-mudahan peristiwa hari ini akan kita catat bersama dalam hati kita semua bahwa inilah titik awal dari sebuah kebesaran Kesultanan Buton.

Insya Allah kedepan Kesultanan ini akan berkembang sesuai kemajuan bangsa Indonesia walaupun kedepan diperkirakan pada tahun 2023 kita akan mengalami sebuah krisis ekonomi, dan Insya Allah ketika kita bersama-sama bahu membahu untuk membangun daerah, Kesultanan Buton akan tetap jaya sebagai negeri yang diberkahi oleh Allah SWT, potensi sumber daya alam yang cukup melimpah, sumber daya manusia yang cukup, ini semua akan menjadi modal utama kita untuk membangun daerah.

Sekali lagi, amanah yang diberikan kepada saya, sebuah gelar kehormatan yang luar biasa, Insya Allah akan saya laksanakan dengan seikhlas-ikhlasnya, setulus-tulusnya dengan penuh tanggung jawab untuk menjaga marwah, martabat Kesultanan Buton.

Semoga pertemuan pada hari ini merupakan sebuah titik awal dari sebuah persahabatan dan sebuah kekerabatan bagi kita semua untuk membangun daerah yang kita cintai bersama”, tutupnya.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Hariani, fotografer Harnia)



1 Comment

Leave a Reply

SeputarWaktu.Com