Buranga, Infokom News – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton utara dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022.

Rapat paripurna istimewa dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Buton utara H.Muh.Rukman Basri Zakariah di dampingi unsur pimpinan DPRD, Bupati Buton Utara H.Muh.Ridwan Zakariah dan wakil Bupati Ahali.

Dalam memimpin rapat, ketua DPRD Muh. Rukman Basri Zakaria mengatakan bahwa Kita wajib mensyukuri sebagai warga negara Indonesia di mana para pemimpin bangsa kita telah memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia bebas dari penjajah yang telah belenggu kita selama berabad-abad dengan itu kita semua mengenang menjunjung tinggi dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam makna peringatan 17 Agustus, sehingga pada saat ini kita masih dapat menikmati hasil-hasil perjuangan para pahlawan bangsa kita berupa kemajuan pembangunan di segala bidang dan terciptanya suasana sejuk aman damai dan tentram, ungkapnya.

Berikut ini pesan Bupati Buton Utara bahwa Tugas kita Sebagai Anak bangsa yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, Memajukan kesejahteraan Umum,mencerdaskan kehidupan Bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian Abadi dan keadilan sosial.

Sebagai warga Negara Indonesia kita wajib bersyukur, karena kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati hasil jerih payah para pejuang kemerdekaan yang di wariskan kepada kita semua, Berupa Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah diakui oleh Negara-Negara di Dunia. Sudah barang tentu kita Wajib menjaga serta mengisinya sesuai amanat proklamasi yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, Yakni mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila.

Semangat Perjuangan tidak lagi dimanifestasikan dalam bentuk perjuangan fisik melawan penjajah dalam bentuk Perjuangan pengabdian dan karya nyata untuk memecahkan berbagai permasalahan yang kita hadapi dalam rangka mencapai kemajuan dan kesejahteraan Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Pemerintah Kabupaten Buton Utara dlaam rangka mengisi kemerdekaan sebagai Manifestasi nilai-nilai perjuangan para pendiri Bangsa dengan cita-cita yang luhur mewujudkan Kejayaan Indonesia.

Di usianya yang ke-15 tahun ini, Pemerintah kabupaten buton Utara telah banyak upaya yang di lakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, walaupun masih banyak pekerjaan rumah yang perlu kita Selesaikan sekarang dan masa yang akan datang.

Harapan kita bersama , bahwa pemerintah Daerah dengan Visi, Misi dan program kegiatan didasari komitmen kuat untuk bekerja keras, cerdas ikhlas dalam melaksanakan setiap agenda pembangunan, kita berharap stabilitas politik dan Ekonomi dengan di dukung Aspek-aspek lainnya dalam mengantarkan Daerah ini pada peningkatan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.

Selama dua Tahun terakhir kondisi terakhir pandemik covid-19 mengharuskan kita semua kembali bahu membahu saling menguatkan dan bangkit kembali membangun daerah tercinta. hal ini sejalan dengan Tema atau tag Line atau peringatan HUT Proklamasi tahun ini yaitu” pulih lebih cepat, Bangkit lebih Kuat”.

Tema tersebut secara jelas mengajak kepada segenap seluruh elemen masyarakat untuk melanjutkan pembangunan dengan gerak cepat dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih dan bangkit lebih kuat lagi.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita semua, adalah komitmen kita semua baik pemerintah Daerah maupun DPRD yang di dukung oleh semua Elemen masyarakat untuk kembali untuk bersinergi mewujudkan visi dan Misi Kabupaten Buton Utara sebagaimana telah tertuang dalam RPJMD tahun 2021-2026 Antara lain :

Pertama, Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang di ukur dengan indeks pembangunan manusia, dimana IPM Buton Utara tahun 2021 Sebesar 67,87 Sementara tahun 2020 sebesar 68,09 dengan target akhir RPJMD sebesar 70,45.

Kedua, Angka kemiskinan sedikit meningkat akibat pandemic covid-19 dimana tahun 2021 sebesar 14,98 persen dan tahun 2020 sebesar 14,10 persen, Target akhir RPJM sebesar 11,50 persen.

Ketiga, Peningkatan pertumbuhan ekonomi tahun 2021 Sebesar 4,08 persen, Tahun 2020 sebesar 0,99 persen. Akhir RPJMD ditargetkan dapat tumbuh sebesar 6,7 persen.

Ke empat, Penurunan angka stunting dimana tahun 2021 sebesar 26,8 persen sementara tahun 2020 sebesar 31 persen sedangkan target Nasional dan juga menjadi target pemerintah Daerah Tahun 2024 harus dapat diturunkan menjadi 14 persen.

Kelima, Penurunan pengangguran terbuka tahun 2021 sebesar 3 persen, sementara tahun 2020 sebesar 4,11 persen , target akhir RPJMD sebesar 2 persen.

Keenam, Penurunan angka Gini Rasio menunjukkan makin bagus, Tahun 2020 nilai 0,376 dan tahun 2021 dengan 0,370. Artinya nilai ketimpangan makin berkurang dan masih berada pada kisaran normal. Target akhir RPJMD (2026) nilai Gini Rasio sebesar 0 ,30.

Masih banyak Indikator-Inikator lainnya yang tidak kami sebutkan satu persatu dalam sambutan ini yang harus kita capai, tentunya untuk mencapai target tersebut tidak mudah,harus di barengi dengan memanfaatkan segala potensi yang ada dan kebersamaan kita semua.

Semoga spirit pendahulu kita berjuang memerdekakan Negeri ini dapat kita teladani dan Memacu semangat kita untuk membangun Daerah kita.

Kita memiliki keyakinan yang sama bahwa pergerakan yang ingin kita bangun adalah pergerakan menjebol mentalitas Bangsa Yang berada dalam keterjajahan, ketertindasan, ketidakadilan,ketidak Merdekaan serta membangun mentalitas Baru sebagai Bangsa yang Merdeka.

Mentalitas ini bukan hanya untuk Rakyat. Namun juga menjangkau dan mengikat para penyelenggara Negara yang memiliki tanggung jawab Moral untuk bekerja tanpa pamrih melayani Rakyat.

Harapan kedepan Negara kita Indonesia lebih khusus lagi Buton Utara Daerah yang kita cintai ini bisa lebih kuat lagi menghadapi berbagai macam tantangan dengan spirit dan mentalitas Merdeka, ujara Bupati Buton Utara.

Tidak lupa juga Bupati Buton Utara Menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para perintis Pejuang.

Kemerdekaan Indonesia atas segala Jasa-Jasa pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Selanjutnya ia menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota DPRD Kabupaten Buton Utara atas kebersamaan selama ini dalam membangun Negeri tercinta Buton Utara.

Terimakasih Pula saya sampaikan kepada seluruh Elemen Masyarakat Buton Utara yang telah berpartisipasi dan memerintahkan kegiatan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia Tahun 2022 di Kabupaten Buton Utara dengan Berbagai kegiatan dengan penuh semangat persaudaraan dan kebersamaan.

Akhirnya Mari kita memohon kepada Allah SWT, Semoga dalam melanjutkan Perjuangan para Pahlawan , Senantiasa diberikan petunjuk dan bimbingan sehingga dapat meraih hari Esok yang lebih baik.”Dirgahayu Republik Indonesia”, Tutupnya.

Acara berlangsung hikmat di ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Buton Utara Selasa(16/8/2022),

Turut Hadir Ketua TIM penggerak PKK Hj. Muniarti M Ridwan dan wakil ketua TP PKK Amalia Ahali, Dandim 1429 Letkol Kav. Khomarudin, ST., Wakapolres Butur Kompol. Abdul Gani Sirait, Ketua Persit Chandra Kirana 1429 Butur, Wakil Ketua Bhayangkari Polres Butur, Tokoh masyarakat, para Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda, serta Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, KPU, Bawaslu, Perbankan, Camat dan Kepala Desa/Lurah Lingkup Butur.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Arni, Harnia Fotografer Bayan)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com