Pj. Gubernur Sultra Apresiasi dan Turut Promosikan Kuliner Khas Butur

Buranga Infokom News-PJ. Gubernur Sulawesi Tenggara Komjen Pol ( Purn) Dr (HC) Andap Budhi Revianto memberi apresiasi sekaligus mempromosikan hasil kuliner yang diperlombakan saat lomba kuliner khas Sultra di aula Bahteramas kantor Gubernur Sultra, Sabtu (27/4/2024).

Saat kunjungannya di stand pameran Butur gubernur Sultra terpesona dengan varian ragam kuliner Butur, menariknya adalah kreasi dan variasi menunya yang indah dipandang. Disitu ada Perangi Patola, Sup Asam Manis Keha, Sansaru Owinkeu, Lapa-Lapa Wakawondu, Tamea Ini, Katapai Linulu, Pambulu Tinumesi, Srikaya Kastela, dan Jus Merah Putih.

Disamping itu juga harganya bisa dijangkau oleh semua kalangan, untuk itu kata PJ. Gubernur agar bisa dipromosikan langsung ke masyarakat untuk bisa dikenal, ujarnya.

Andap Budhi Revianto menilai kuliner khas daerah itu bisa menjadi kekuatan ekonomi baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Selain melestarikan kuliner khas daerah kabupaten/kota se-Sultra, lomba kuliner khas daerah Sultra juga bertujuan mempromosikan kuliner lokal yang kemudian diolah menjadi makanan yang menarik, bergizi, serta bernilai ekonomi tinggi,” ujar Andap Budhi Revianto.

Pj Gubernur juga mengarahkan para peserta untuk menjadikan potensi keragaman kuliner khas Sultra menjadi kekuatan ekonomi yang berdampak positif kepada masyarakat.

“Kita harus belajar dari industri budaya Korea, sebagai contoh kita lebih mengenal makanan Toppoki, Bulgogi, Kimchi dibandingkan kuliner khas di sini seperti Kalambe, Kasoami, Parende.dan Kambewe. Mari kita maksimalkan segala potensi sumber daya yang ada untuk menjadi kekuatan ekonomi yang berdampak positif bagi masyarakat,” ucap Andap.

“Setelah dipromosikan dengan baik, maka selanjutnya kita produksi secara massal, ini akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja yang akan menekan angka kemiskinan ekstrem dan tingkat pengangguran terbuka di Sultra,” tambahnya.

Kemudian ketua TP PKK Butur, Dra. Hj. Muniarty M. Ridwan mengapresiasi kerja Tim PKK butur atas prestasi dan semangatnya dalam mengikuti lomba kuliner khas daerah.

Untuk diketahui, Buton Utara meraih juara kedua dari 17 kabupaten kota se-Provinsi Sultra pada lomba kuliner khas daerah.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Fotografer Rajab)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com