Produk UMKM Butur Laris Terjual Pada Gelar Pekan Produk Unggulan Daerah Tahun 2024

Buranga Infokom News – Produk UMKM khas Buton Utara laris terjual pada pagelaran pekan produk unggulan daerah dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari, tanggal 22-25 April 2024.

Dihari pertama pembukaan ada 4 produk terlaris yang di minati pembeli diantaranya kain tenun kambowa, tas kulit motif, sambal katapai dan gula aren, yang menembus nilai laba dalam semalam Rp.3.816.000.

Menurut ketua tim penggerak PKK Butur, Dra. Hj. Muniarti M. Ridwan kain tenun dan produk-produk UMKM Buton Utara sudah mulai dikenal dan dipromosikan di pasar Nasional dan Internasional sehingga produk UMKM Buton Utara tidak kalah saing dengan produk UMKM yang ada di Kabupaten Se-Sultra maupun daerah lain yang ada di Indonesia.

Dijelaskannya, tenun Kambowa dengan corak Katapai merupakan salah satu produk yang laris diminati pengunjung dengan jenis benang sutra dan semi sutra serta benang katun menambah keindahan tenun itu sendiri. Alasan tenun itu disukai pengunjung selain motif yang unik, warna yang lebih elegant dan corak yang langka di pasaran sehingga harga tenun itu dibandrol Rp. 700-800 ribu perkainnya, ujar ketua TP PKK Butur.

Selain itu juga, ada tas kulit yang diaplikasikan dengan motif tenun menjadi incaran pengunjung dengan warna yang elegant, simpel di bandrol dengan harga Rp. 500- 700 ribu.

Sedangkan produk UMKM lainnya ada sambal katapai yang laris dengan harga Rp. 35 ribu, dijelaskannya alasan mereka menyukai sambal Katapai selain nama yang unik mereka juga ingin mencoba rasanya.

Serta gula aren dengan harga Rp. 30 ribu cukup diminati pengunjung.
Sampai pada malam penutupan produk unggulan Butur yang paling laris yaitu:
1. Kain tenun,
2. Kacang mete original, halua, dan coklat mete;
3. Sambal katapai;
4. Beras Kambowa;
5. Gula aren;
6. Tas plastik motif tenun;
7. Kerajinan anyaman; dan
8. Aneka kripik ” .

Sehingga sampai dihari terakhir pameran jumlah omset penjualan kita mencapai Rp.14.386.000,.

Ini menunjukan nilai kualitas dan rasa dari produk UMKM yang kita miliki sudah menunjukan hasil yang baik dan memberi kesan baik pula bagi pengunjung dan peminat produk kita, tutupnya.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Nasriah, editor Rajab, fotografer Erja)



1 Comment

Leave a Reply

SeputarWaktu.Com