Safari Ramadhan di Kulisusu Utara, La Nita berikan ceramah tentang 5 rahasia ganjaran bagi yang berpuasa.

Buranga Infokom News-Tim Safari Ramadhan Kabupaten, La Nita mewakili Bupati Buton Utara menyampaikan ceramahnya tentang lima rahasia ganjaran bagi orang yang menjalankan puasa ramadhan di desa waode Buri, Kulut(14/3/2024).

Sebagai orang yang beriman menurutnya hendaknya kita senang akan datangnya bulan suci ini, salah satu tandanya adalah kita dengan gembira mensyiarkan datangnya Ramadhan ini, sebagaimana ayat Al-Quran :

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati”. (Qs. Al Hajj : 32).

Adapun lima rahasia ganjaran bagi orang yang menjalankan puasa di Bulan Ramadhan sebagai syiar dan kabar gembira, agar kita lebih termotivasi menyambut dan menjalankan rukun islam yang keempat ini, meliputi:

Pertama mereka yang berpuasa di Bulan Ramadhan akan mendapatkan dua kegembiraan sekaligus, kegembiraan ketika berbuka (di dunia) dan kegembiraan ketika bertemu Tuhan-Nya (di akhirat);

Kedua adalah Allah akan gandakan pahala amal yang dikerjakan di Bulan Ramadhan dengan pahala yang berlipat ganda, seperti pada kutipan hadist sebagai berikut “setiap kebaikan akan digandakan 10 hingga 700 kali lipat, kecuali puasa, karena puasa itu untukKu dan Aku yang akan membalasnya”(Hadits dari Abu Hurairah).

Dihadapan para jamaah mengingatkannya, sehingga jangan heran, bagi yang tau ganjaran pahalanya, banyak orang yang sengaja bersedekah dan berwakaf di bulan Ramadhan, karena mereka tau pahalanya akan berlipat ganda, ujarnya.

Ketiga kata La Nita bahwa puasa Ramadhan akan melatih kita makna kesabaran, karena sabar adalah setengah dari iman seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, serta puasa adalah setengah dari kesabaran (Hadits dari Ibnu Mas’ud).

Ketika menjalankan puasa, kita dengan sabar menahan dahaga dan lapar menunggu waktu berbuka, tak hanya dahaga dan lapar tetapi juga harus sabar menahan emosi agar pahala puasa kita tidak berkurang.

Keempat adalah orang yang berpuasa adalah dibanggakan oleh Allah SWT. Seperti pada hadits berikut “Wahai para malaikat, lihatlah hambaku, dia meninggalkan syahwatnya, kelezatannya, makannya, minumnya karena-Ku”(Hadits Qudsi).

Dan yang kelima adalah orang yang berpuasa dijanjikan Allah akan mendapat surga. Sebagaimana dalam hadis kudsi yaitu “Di surga itu, ada sebuah pintu yang namanya Ar-Rayyan, tidak masuk ke dalamnya kecuali orang-orang yang berpuasa” (Hadits dari Sahl bin Sa’id), Tutupnya.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter/ Fotografer Rajab)



Leave a Reply

SeputarWaktu.Com