Sholat Idul Adha 1445 H di Kecamatan Kulisusu Utara Berlangsung Hikmat

Buranga Infokom News-Sholat Idul Adha 1445 H/2024 di kecamatan Kulisusu Utara berlangsung hikmat, yang di pimpin oleh Imam Muhamadia dan Khatib Ustadz Nur Hamid di lapangan Lakabela Desa Wamboule, Senin, 17 Juni 2024.

Dalam Khutbahnya Ustad Nur Hamid menyampaikan “Tiga Hari Raya Umat Islam. Hari raya menurutnya adalah momen kebahagiaan dan saat bersenang-senang. Kebahagiaan dan kesenangan orang-orang Mukmin di dunia adalah saat mereka berhasil menyempurnakan ketaatan kepada Allah, memperoleh pahala atas apa yang mereka perbuat dan mendapatkan ampunan dosa dari Allah, imbuhnya.

Setelah itu Nur hamid juga mengingatkan orang-orang Mukmin memiliki tiga Hari raya. Satu hari raya berulang setiap Minggu yaitu hari Jumat dan dua hari raya lain yang datang masing-masing satu kali dalam setahun, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.

Hari Jumat adalah hari raya mingguan, hari Jumat merupakan hari raya bagi seorang mukmin atas keberhasilannya dalam menyempurnakan shalat lima waktu dalam satu Minggu penuh.

Idul Fithri adalah hari raya bagi umat Islam atas keberhasilan mereka dalam menyempurnakan ibadah puasa ramadlan. Setelah mereka menyempurnakan ibadah puasa ramadhan dan ibadah-ibadah lain selama bulan ramadlan dan dengan itu mereka memperoleh rahmat, ampunan dosa dan pembebasan dari api neraka, maka Allah mensyaratkan setelah itu semua sebuah hari raya yang di sebut Idul Fitri.

Idul Adha disebut juga hari raya besar, karena ia merupakan hari raya yang lebih besar dan lebih utama daripada hari raya Idul Fitri. Idul Adha adalah hari raya yang berkaitan dengan keberhasilan dalam menyempurnakan ibadah haji. Pada hari raya itu, Allah mensyari’atkan bagi umat Islam untuk mendekatkan diri pada-Nya dengan nusuk yakni mengalirkan darah binatang kurban.

Semoga momentum Idul Adha adalah memberi kita ketaatan dan kepatuhan kepada Allah hari demi hari semakin meningkat, semakin istiqamah dan semakin bertambah, ujarnya.

Usai Sholat Ied, camat Kulisusu Utara Zatimaa mengungkapkan makna perayaan Idul Adha utamanya adalah berkasih sayang dengan sesama.

Alhamdulilah kita bersyukur karena kita masih di berikan kekuatan, kesehatan bahkan kesempatan untuk bisa bersama-sama masyarakat Kulisusu Utara di hari raya Adha ini, kata camat Kulisusu Utara.

Harapannya, saat penyembelihan hewan kurban dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Hari ini kita melaksanakan pemotongan 11 ekor hewan kurban sekecamatan Kulisusu Utara, mudah-mudahan ke depan bisa lebih banyak lagi, pungkasnya.

Terkait keamanan sholat Idul Adha, Polsek subsektor kecamatan Kulisusu Utara dan Babinsa terjun langsung dalam pengaman shalat Idul Adha.

 

(MC kabupaten Buton Utara reporter/fotografer Arni, Redaktur Rajab)



Leave a Reply